15 April 2007

Bersepeda di Markas Kota Tua

Setelah fokus persiapan S2, makas saya beralih dari kota industri cikarang ke daerah kota. Bukan, saya tidak menjaga kios mangga dua seperti yang dibayangkan orang, justru jauh lebih baik. Saya berada di markas kota tua.

Stasiun Beos, Fatahillah, museum Wayang dan museum Bahari. Ini daerah yang kerap saya lewati setiap hari. Semuanya begitu menarik, begitu klasik. Belum lagi Sunda Kelapa, museum Bank Mandiri, Cafe Batavia dan VOC Galangan. Saya tidak akan pernah puas. Masuk ke daerah ini seperti memasuki mesin waktu. Sejarah bagai bergulir di depan mata.

Kota telah menjadi pusat ekonomi dari jaman hindia Belanda. Bangunan peninggalan Belanda pun sebagian masih dipakai. Pemakaian nama jalannya pun masih sederhana. Jl. Teh, Jl. Kopi, semua disesuaikan dengan komoditas perdagangan jaman dulu.

Pernah dengar ojek sepeda? Di tempat lain sepeda memang sudah mulai ditinggalkan. Jalannya lambat, kalah saing dengan kendaraan lain. Sudah gitu pakai tenaga manusia pula, mana tega kita bayar murah. Belum lagi dibonceng sepeda perlu keahlian khusus, kita harus bisa seimbang kalau tak mau jatuh di tengah jalan. Meski begitu, ojek sepeda jadi ciri khas tersendiri di Kota. Diam - diam saya pengagum beratnya loh.

Mencari ojek sepeda mudah, biasanya mereka mangkal di pingir stasiun dan jalan. Cari saja sepeda dengan bantalan empuk di boncengannya, pasti anda langsung disapa ramah. Sebagian besar besar pengendaranya laki-laki tua. Saya sering ga tega, saya kan berat. Tapi ternyata si abang benar benar pengemudi yang handal.

Jika jalannya lambat, saya jadi bisa melihat pemandangan. Saat ia menyelinap di sela - sela kendaraan bermotor, saya menjaga keseimbangan dan ikut menahan dengan kaki sewaktu berhenti. Saat si abang berinisiatif mencari jalan pintas dengan melawan arah lalu tiba tiba menyebrang, saya hanya bisa teriak "abang....hati-hati bang...hati hati!!!" sambil malu dilihatin pengemudi kendaraan lain. Ada sepeda nyasar di tengah jalan.

Si abang sepertinya mengerti, saya cinta petualangan dan cukup dengan 3000 rupiah saya mendapatkannya. Anda mau coba?

4.30 pm
"dalam perjalanan ke Cikarang"

0 Comments:

Post a Comment

<< Home