25 April 2007

Ulang tahun

Pssstttttt!!!! Sebentar lagi saya ulang tahun. Yup ini detik detik menjelang bertambah umur, dari 23 ke 24. Saya tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan, keburu bersemangat hingga menulis menjadi pelarian favorit saya.

24. Kenapa ya saya merasa hari ini spesial, padahal bukan ultah 17, 21, 25 atau 30 yang difavoritkan orang. Entahlah, saya merasa 24 istimewa. 24 bisa melambangkan 24 jam dalam sehari yang saya habiskan, bisa juga mini seri 24 yang memenangi emmy baru baru ini. 24 kelipatan 12 mengungkapkan bahwa ini tahun saya, tahun anjing dalam penanggalan china.

Lalu enaknya ngapain?
Tiap tahun saya selalu diberi pilihan, membiarkannya berlalu begitu saja, atau dirayakan meriah. Atau kadang memilih mengurung diri dan berusaha kontemplasi seperti layaknya pergantian tahun baru. Makanya temen saya sempet tanya “do you expect any phone call at midnight? Or should I let you having time for yourself?” kali ini saya terbuka untuk semuanya.

Ulang tahun, saya harap bukan berarti tahun yang berulang. Hidup, menjalani kehidupan yang sama, masalah yang lama, pencapaian yang tak pernah tercapai. Bukan juga basa basi simbol seremonial yang tidak penting. Ulang tahun harusnya berarti berakhirnya vennie usia 23 tahun. Pencapaian yang harus diselesaikan saat umur 23 sudah selesai. Sekarang saatnya melaksanakan misi di usia 24. Yah, mirip mirip tahun baru, tapi kali ini hanya saya yang merayakannya.

Waktu ini juga saya habiskan untuk melihat apa saja yang saya sudah kerjakan di usia 23. Pacaran kemudian putus, perkembangan baru setelah 10 tahun menjomblo. Melayani Aceh, Poso, Atambua, Jogja kemudian memutuskan berhenti dan sekarang melayani keluarga. Hmm ini keputusan yang besar loh. Saya ibaratkan seperti seekor ulat yang memutuskan masuk dalam kepompong demi impiannya untuk terbang. Yup ini kondisi saya sekarang. Setelah giat keliling Indonesia, sekarang mengkerut, diam diri dalam kempompong. Bersiap untuk terbang dan meraih impian sekolah S2.

20 menit lagi saya ulang tahun. Kalau ada orang yang ingin saya salami, ya saya sendiri. Bukan bermaksud narsis. Tapi saya ingin memberikan tepukan di bahu saya untuk setiap keputusan, kerja keras, keberanian mengambil resiko yang sudah dicapai. Well done ven. Tapi ini bukan akhir, vennie di usia 24 akan menghadapi kehidupan yang lebih tangguh lagi. Dan percayalah, bertambahnya umur berarti bertambahnya potensi dan kesempatan yang dimiliki.


Ulang tahun juga ditandai dengan hujan hadiah. Siapa yang tidak mengharapkan hadiah di hari jadinya. Dan buat saya tidak ada yang kebetulan, dari tadi saya sudah dihujani berbagai kejutan. Pesanan buku via internet tiba malam tadi, bungkusnya utuh, tidak saya sentuh. Mba Ferina bilang, itu buku koleksinya yang terpaksa dilego. Tersampul rapih dengan tanda tangan pengarang didalamnya. Besok pagi pun saya harus tanda tangan kontrak pesanan mobil kantor. Mobilnya siap dilihat dan tinggal mengurus STNK. Hadiah sahabat, jauh sebelum ulang tahun pun masih terbungkus rapi. Sengaja semua akan saya buka saat jam 12 nanti.

Ini masih tengah malam, tapi saya keburu bahagia, entah kegembiraan apa yang akan menyusul saya esok pagi, seharian penuh. Yang jelas saya bahagia dan mencintai hidup ini.

Selamat ulang tahun vennie
11:55 pm

0 Comments:

Post a Comment

<< Home